Perancangan Konten Media Sosial untuk Branding Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri

Authors

  • Zainal Abidin Achmad Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Elsa Rakhma Melani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.30

Keywords:

branding wisata, tenun ikat, kampung keren, prodamas kota kediri

Abstract

Tenun Ikat Kediri yang terpusat di Kelurahan Bandar Kidul, merupakan salah satu produk lokal bersejarah tetapi kondisi keberlanjutan industrinya terancam. Salah satu upaya pemerintah Kota Kediri adalah menggencarkan promosi melalui branding kampung Tenun Ikat Bandar Kidul. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini melakukan perancangan konten media sosial untuk mendukung branding Kampung Tenun Ikat. Metode pelaksanaan dimulai dengan mengumpulkan data dari 12 orang informan melalui wawancara dan Focus Group Discussion yang selanjutnya menjadi dasar perencanaan konten unggahan dalam akun Instagram @prodamasplus. Setelah unggahan konten, dilakukan pemantauan dan evaluasi engagement reached. Hasil perencanaan konten media sosial Instagram untuk mendukung branding Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri menujukkan efektifivitas yang memadai.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Achmad, Z. A., & Melani, E. R. . (2022). Perancangan Konten Media Sosial untuk Branding Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri. Abdimesin, 2(2), 16–33. https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.30

Issue

Section

Articles